Beranda Daerah Karang Taruna Bekasi Selatan Peringati Hari Sumpah Pemuda

Karang Taruna Bekasi Selatan Peringati Hari Sumpah Pemuda

180
0
Karang Taruna Bekasi Selatan

Kilasindo, Bekasi Selatan –Dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda, pemuda-pemudi Karang Taruna Bekasi Selatan, Kota Bekasi, menggelar acara gelar bakat dan kreasi sebagai wujud persatuan dan kesatuan antarpemuda dan kepekaan sosial terhadap masyarakat.

Acara yang mengusung tema “Keberagaman untuk Kesatuan” ini, diadakan di areal Kantor Kecamatan Bekasi Selatan, Sabtu (3/11/2018). Semakin malam, acara pun kian semarak dengan dentuman musik dan letupan kembang api dari belakang panggung. Nuansa kekerabatan dan kekompakan begitu kental dalam acara ini.

Karang Taruna Bekasi Selatan

Para anggota karang taruna tak hanya unjuk kebolehan di atas panggung, mereka juga menampilkan berbagai keterampilan lainnya pada beberapa booth di sekitar acara.

Ketua Karang Taruna Bekasi Selatan, H Darkam Suryadi mengatakan, selain menampilan keterampilan para anggota karang taruna, rangkaian acara lainnya adalah pemberian penghargaan kepada tim unit reaksi cepat (URC) kesehatan yang telah membantu masyarakat.

“Keberagaman, kekompakan kita terutama di Bekasi Selatan menjadi spirit bagi teman-teman untuk mengabdi kepada masyarakat. Kegiatan karang taruna menjadi wujud dari kepekaan sosial terhadap masalah-masalah yang ada lingkungan di sekitar,” kata Darkam kepada Kilasindo.com di sela acara.

Baca juga: Ikhwanul Mubalighin Gelar Haflah Kubro dan Pelantikan Gerakan IM-Jamin

Pada kesempatan yang sama, Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kecamatan Bekasi Selatan yang juga anggota DPRD Kota Bekasi, Solecha, mengatakan, mengapresiasi terhadap Karang Taruna Bekasi Selatan yang selalu aktif dengan berbagai kegiatan.

Karang Taruna Bekasi Selatan

“Dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda, acara ini merupakan bentuk mengingat sejarah bahwa pemuda-pemudi pada masa itu mampu dipersatukan dengan tujuan satu bahasa, satu bangsa, dan satu kesatuan adalah Republik Indonesia,”

Solecha menyampikan, peran yang diberikan kepada karang taruna adalah dengan cara memotivasi para anggota karang taruna dalam bentuk saran, pikiran, dan dorongan agar menjadi kader muda yang dinamis yang memiliki karakter inovatif, dan kreatif.

“Dengan kader muda yang dinamis, saya yakin Karang Taruna Bekasi Selatan akan menjadi generasi muda yang andal. Karang Taruna Bekasi Selatan sangat besar perannya di dalam membantu masyarakat,” tuturnya.

Baca juga: Kisah Santri Sunan Ampel, Mbah Sholeh yang Hidup Lagi 9 Kali

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial (Permensos) RI No 77/HUK/2010  tentang Pedoman Dasar Karang Taruna, disebutkan, Karang Taruna adalah organisasi sosial kemasyarakatan sebagai wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat, terutama generasi muda di wilayah desa/kelurahan terutama bergerak di bidang usaha kesejahteraan sosial.

Tujuan Karang Taruna

  1. Pertumbuhan dan perkembangan setiap anggota masyarakat yang berkualitas, terampil, cerdas, inovatif, berkarakter serta memiliki kesadaran dan tanggung jawab sosial dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah kesejahteraan sosial, khususnya generasi muda.
  2. Kualitas kesejahteraan sosial setiap anggota masyarakat terutama generasi muda di desa/kelurahan secara terpadu, terarah, menyeluruh serta berkelanjutan.
  3. Pengembangan usaha menuju kemandirian setiap anggota masyarakat terutama generasi muda.
  4. Pengembangan kemitraan yang menjamin peningkatan kemampuan dan potensi generasi muda secara terarah dan berkesinambungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here