Beranda Tokoh Nusron Wahid, Nakhoda Lembaga Perlindungan TKI

Nusron Wahid, Nakhoda Lembaga Perlindungan TKI

36
0
Nusron Wahid

PRESIDEN Joko Widodo mengangkat Nusron Wahid sebagai kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI).

Nusron adalah politikus Golkar asal Kudus, namun pada Pemilu 2014, Nusron “membelot” dengan memberikan dukungan kepada pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, bukannya pada Prabowo Subianto-Hatta Rajasa yang diusung partainya.

Meski sudah dipecat dari DPP Partai Golkar, Nusron hingga sekarang masih menjadi kader Golkar. Diduga, kedekatannya dengan Kalla-lah yang akhirnya menjadikannya sebagai kepala BNP2TKI. Nusron adalah satu-satunya anggota aktif Partai Golkar di kabinet Jokowi.

Pada Januari 2011, nama Nusron Wahid mulai dikenal setelah terpilih sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor yang berafiliasi dengan organisasi agama terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama.

Nusron Wahid memulai kariernya di Senayan sebagai politikus setelah berhasil memenangkan Dapil Kudus. Dengan dukungan dari 13.157 suara, Nusron menjabat sebagai anggota Komisi VI DPR RI untuk periode 2009-2014.

Di Komisi VI DPR, dia bertugas sebagai pengawas kebijakan-kebijakan yang berhubungan dengan perdagangan, perindustrian, investasi, koperasi, UKM dan BUMN, dan standarisasi nasional. Semasa di Komisi VI, Nusron dikenal kerap mengkritik kebijakan privatisasi dan restrukturisasi BUMN.

Selain ranah ekonomi, Nusron juga memperkuat kaderisasi anggotanya untuk mempersiapkan kader-kader penerus di organisasinya tersebut. Selain itu, Majelis Dzikir juga ditingkatkan keberadaannya oleh politisi yang kini resmi menjabat Kepala BNP2TKI ini.

 

Biodata:

Nama                   :Nusron Wahid, SS
Agama                 : Islam
Tempat Lahir   : Kudus, Jawa Tengah
Tanggal lahir    : Jumat, 12 Oktober 1971
Warga Negara : Indonesia
Istri                       : Dili Rosi Timadar, SE

 

Pendidikan
Sarjana Sastra di Universitas Indonesia
SMA Islam Al Ma’ruf Kudus
MTS Qutsiyyah Kauman Menara Kudus
MI Miftahutthalibin Mejobo Kudus

 

Karier

Anggota Komisi VI DPR RI (2009 – 2014)
Komisaris PT CBN
Komisaris PT Palima Timada
Kepala BNP2TKI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here