Beranda Wisata Libur Maulid Nabi 2018, Obyek Wisata TMII Dibanjiri Pengunjung

Libur Maulid Nabi 2018, Obyek Wisata TMII Dibanjiri Pengunjung

62
0
Obyek Wisata TMII

Kilasindo.com – Pada hari libur Maulid Nabi 2018, beberapa lokasi wisata mulai dipadati pengujung untuk bersantai bersama keluarga tercinta. Salah satu tempat wisata di Jakarta yang tak luput dibanjiri masyarakat adalah obyek wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sejak pagi hingga sore, antrean kendaraan yang akan masuk ke lokasi wisata TMII pun terus bertambah. Terlihat sejumlah kendaraan memadati area sekitar gerbang masuk pintu TMII.

Pada akhir pekan maupun libur panjang memang TMII menjadi salah satu alternatif libur favorit bagi masyarakat sekitar maupun luar kota.

TMII Obyek Wisata Favorit

Salah satu taman rekreasi terbesar di Indonesia ini, berdiri di atas lahan seluas 150 hektar. TMII adalah satu taman rekreasi yang diisi deskripsi kebudayaan nusantara. Di sini, Anda dapat melihat satu danau dengan miniatur kepulauan Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Tidak hanya itu, masih tetap terdapat beberapa kebudayaan ciri khas setiap provinsi di Indonesia yang dipamerkan, dari mulai tarian daerah, baju adat, tempat beribadah setiap agama resmi di Indonesia, dan beragam museum.

Di obyek wisata TMII, Anda bisa memuaskan diri untuk melihat kebudayaan setiap provinsi di Indonesia dalam satu tempat.

Baca juga: Menyelam Keindahan Bawah Laut di Taman Nasional Wakatobi

Wahana Menarik di TMII

  1. Anjungan Daerah

Anjungan Daerah adalah bangunan-bangunan rumah adat yang bercirikan arsitektur tradisional khas daerah Indonesia. Terdapat 33 Anjungan Daerah yang dibangun berderet mengelilingi danau Miniatur Arsipel Indonesia, melambangkan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Tiap provinsi menampilkan sekitar tiga bentuk rumah adat khas daerah, berada di satu kawasan yang disediakan untuk provinsi bersangkutan.

Anjungan Daerah dimaksudkan untuk memberikan informasi mengenai rumah adat berbagai suku bangsa di Indonesia kepada masyarakat luas, terutama generasi muda yang mungkin tidak sempat lagi melihat rumah adat di daerah asalnya.

  1. Museum

Bangsa yang kuat adalah bangsa yang tidak melupakan masa lalunya. Masa lalu yang tersimpan baik akan menuntun sebuah bangsa mencari jati diri dan dapat menentukan arah serta tujuannya di masa depan secara efektif. Bahkan peradaban-peradaban besar yang tersebar di seluruh dunia selalu memiliki perpustakaan dan pusat dokumentasi yang tertata baik.

Ragam dan variasi jenis museum tersebut ditujukan untuk menjawab rasa pengetahuan dan berbagai pertanyaan seputar pengetahuan, kehidupan, sosial masyarakat, budaya dan peradaban, teknologi, dan lain sebagainya.

  1. Tempat Ibadah

Di tempat ini kita akan menemukan penganut agama Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan konghucu berjalan bersama menuju rumah ibadah masing-masing yang hanya berjarak beberapa meter.

Gesekan dan pertikaian antarumat beragama tidak pernah terjadi di tempat ini. Penyebabnya adalah rasa persaudaraan yang tinggi sebagai saudara satu bangsa dan satu nenek moyang.

Baca juga: Raja Ampat, Keindahan Obyek Wisata yang Mendunia

  1. Flora & Fauna

Taman Rekreasi di dalam area obyek wisata TMII terdiri dari beberapa jenis. Setidaknya taman rekreasi ada yang dikategorikan sebagai taman monumental, taman flora, dan taman fauna.

Taman monumental di antaranya adalah Taman Prasasti APEC dan Monumen Persahabatan Negara Non Blok. Taman Flora terdiri dari Taman Apoti Hidup, Taman Melati, serta Taman Legenda Keong Emas.

Taman Fauna di antaranya Taman Bekisar, Taman Burung, Taman Reptilia, Taman Kupu, Dunia Air Tawar. Taman Hiburan, dan Sarana Rekreasi antara lain, taman air Snowbay Water Park,Istana Anak Anak Indonesia dan Among Putro “Jagat Antariksa” SkyWorld.

Satu hal yang membedakan taman fauna dengan museum fauna adalah kondisi hewan yang menjadi fokus perhatian. Jika di Museum kita akan mendapati kondisi hewan sebagian besar dalam kondisi diawetkan, maka di museum kita akan mendapati kondisi hewan sebagian besar dalam kondisi diawetkan, maka di taman fauna kita akan mendapatkan hewan dalam kondisi hidup.

Selain sebagai Lembaga Pelestarian Budaya Indonesia, obyek wisata TMII merupakan salah satu penyedia sarana pendidikan dan rekreasi dalam satu tempat sekaligus. Wahana rekreasi tersebut antara lain Istana Anak-Anak Indonesia, Teater IMAX Keong Emas, Teater 4D’Motion, Kereta Gantung, Monorel Titihan Samirono, Taman Budaya Tionghoa Indonesia, Taman Among Putro Skyworld, Snowbay Waterpark, dan Taman Legenda Keong Emas.

  1. Fasilitas

Fasilitas yang disediakan di obyek wisata TMII terbagi menjadi empat kategori, yaitu hotel dan restoran, toko kerajinan tangan dan galeri, serta persewaan gedung dan transportasi umum. Ada beberapa hotel dan restoran yang berada di dalam komplek TMII yakni, Desa Wisata Hostel, Puri, Graha Wisata Remaja, Puri Caping Gunung, dan Pondok Pecel Madiun. Begitu juga dengan toko kerajinan tangan dan galeri dimana para pengunjung dapat melihat hasil karya para seniman di Desa Seni dan Pasar Buku Langka.

Saat itu, obyek wisata TMII menyewakan beberapa gedung dan tempat untuk kegiatan pernikahan, acara kesenian, wisuda dan pertemuan keluarga maupun kantor, antara lain Gedung Joglo, Sasana Kriya, Teater Tanah Airku dan Teater Bhinneka Tunggal Ika.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here