Beranda Wisata Pesona dan Keunikan Wisata Danau Toba yang Melegenda

Pesona dan Keunikan Wisata Danau Toba yang Melegenda

41
0

Kilasindo.com – Danau Toba adalah salah satu obyek wisata favorit untuk dikunjungi karena keindahannya. Selain itu, Danau Toba juga menyimpan cerita legenda yang menarik untuk diketahui. Wisata alam danau Toba merupakan satu diantara dari danau yang menyimpan kekayaan alam yang sangat banyak.

Hingga kini banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang sudah berkunjung ke Danau Toba. Di balik panorama keindahan dari Danau Toba terselip sebuah cerita dongeng nusantara. Cerita Danau Toba dimulai dari suatu lembah di Sumatera Utara dengan aktor utama si petani pekerja keras dan putri ikan ajaib.

Menurut informasi dari ahli ilmu Geologi, kawah dari Danau Toba terbentuk karena terjadi letusan gunung berapi jenis super vulkanik yang terjadi sekitar 77.000 tahun silam. Bahkan, letusan tersebut tergolong maha dahsyat apabila dibandingkan dengan letusan gunung berapi lainnya, dipercaya ledakan tersebut mencapai ribuan kali letusan pada gunung berapi normal. Dampak ditimbulkan pun berpengaruh dengan iklim di seluruh dunia kala itu.

Kisah legenda Danau Toba sudah tersebar dan diketahui seluruh Indonesia. Saat ini Danau Toba menjadi obyek wisata populer di Indonesia, sebuah danau indah nan luas, dengan pemandangan yang eksotis, terdapat Pulau Samosir di tengah Danau Toba. Sebuah destinasi wisata Danau Toba yang mengajarkan kita sebuah arti hidup. Ada beberapa alasan tepat, mengapa Anda perlu untuk mengunjungi wisata alam Danau Toba, yakni:

  1. Keindahan Alam dan Suasana Tenang

Bagi Anda ingin menghabiskan liburan panjang ataupun hanya liburan pada akhir pekan, maka wisata alam Danau Toba menjadi rekomendasi wisata yang tepat. Anda bisa menikmati keindahan alam sambil bersantai dan rehat sementara dari penatnya dunia kerja serta interaksi sosial melelahkan.

  1. Udara Alam yang Sejuk

Selain panorama alam memukau, di wisata danau tersebut Anda akan merasakan udara alam yang sejuk dan tenang. Dengan begitu Anda tidak perlu untuk jauh-jauh rekreasi ke luar negeri bila hanya mencari suasana ataupun udara alam yang sejuk, udara di sekitar wisata alam Danau Toba tidak kalah dengan Eropa.

  1. Panorama Alam

Jika Anda memang ingin berlibur, maka wisata alam Danau Toba ini memberikan sensasi yang tak terlupakan. Di tempat ini Anda akan mendapati panorama keindahan alam, seperti danau, pulau yang berada di tengah danau, dan juga lereng-lereng bukit yang indah.

Luas Danau Toba ini mencapai 2 kali lipat luas negara Singapura. Bagaimana Anda dapat merasakan sensasinya bukan? Lokasi berada di puncak gunung berapi raksasa yang telah aktif sekitar 75.000 tahun yang lalu menjadi panorama alam begitu indah. Belum lagi, terdapat deretan gunung-gunung sekelilingnya, serta arak-arakan awan yang menghiasi di atasnya. Menjadikan Danau Toba ini kian menakjubkan.

  1. Masyarakat Danau Toba

Di Danau Toba, pengunjung tak hanya melihat panorama keindahan alam menakjubkan, tetapi Anda pun akan mendapati masyarakat Toba yang ramah dan bersahabat. Tradisi adat istiadat warga Batak Toba akan membuat Anda jatuh cinta, Anda pun dapat mendalami atau sekadar mengetahui tradisi di sana dari sebagian warga asli Samosir.

Terlihat hamparan luas sang danau legenda di Sumatera Utara ini memang tidak sama dengan danau pada umumnya, bahkan danau ini menyerupai sebuah lautan biru memesona. Oleh karena itu, pada akhirnya Danau Toba dijadikan sebagai danau terluas dan terbesar di Asia Tenggara, serta menjadi danau kedua terbesar kedua setelah Danau Victoria di Afrika. Untuk kedalaman Danau Toba menjadikannya sebagai danau terdalam di dunia yakni kedalaman mencapai hingga 450 meter, sedangkan untuk panjang 100 kilometer, dan lebar 30 meter.

Wisatawan pada umumnya berwisata ke sana yakni melakukan berbagai kegiatan menyenangkan, seperti pendakian gunung, berlayar mengarungi wisata Danau Toba dengan menggunakan kapal layar, berenang, dan berkunjung ke Pulau Samosir, Sumatera Utara. Berada di lokasi wisata Danau Sumatera Utara ini, tak akan merasakan kebosanan, pasalnya danau tersebut menyajikan keindahan alam menakjubkan, terutama keindahan alam yang wisatawan dapatkan ketika berkunjung ke Pulau Samosir yang lokasinya tepat berada di tengah-tengah danau.

Meskipun telah lama dibuka untuk umum untuk menjadi destinasi wisata Sumatera Utara, Pulau Samosir senantiasa dijaga keindahan alamnya yang masih jarang terjamah oleh manusia. Luas Pulau Samosir hampir sama dengan luas negara tetangga, yakni Singapura. Pulau Samosir kebanyakan  dihuni oleh suku Batak Samosir.

Pulau Samosir memiliki dua danau indah yaitu dikenal dengan Danau Sidihoni dan Danau Aek Natonang. Di wilayah sekitar danau di Pulau Samosir, terdapat hutan-hutan pinus yang tertata dengan rapi di pinggiran pulau. Tak hanya itu, di sana pun ada panorama air terjun yang masih asri memukau. Bahkan, sekarang di pinggiran wisata Danau Toba terdapat pemandian air panas dengan air belerang yang konon bagus untuk menyembuhkan dan menyehatkan kulit.

Waktu Tepat Berkunjung

Ada beberapa waktu yang paling tepat untuk berkunjung di Danau Toba, semua tergantung kebutuhan keinginan dari wisatawan. Misalnya berlibur, ingin memenangkan pikiran, berlibur untuk melihat festival, dan sebagainya. Bila Anda ingin berlibur untuk mendapatkan pengalaman seru, seperti festival, maka berkunjung di bulan September hingga November akan memberikan Anda momen yang berkesan.

Bila Anda hanya ingin bersantai di kawasan Danau Toba, maka di bulan Mei hingga September merupakan waktu yang paling tepat. Karena di bulan-bulan tersebut cuaca sedang masuk musim kemarau, sehingga Anda dapat menikmati keindahan alam tanpa terganggu oleh hujan. Di bulan Mei merupakan bulan terbaik mengingat kondisi suhu di lokasi wisata yang sejuk dan kondusif.

Lokasi Danau Toba Sumatera

Lokasi danau terbesar di Indonesia ini berada di tujuh kabupaten berbeda yang mengelilingi kawasan wisata, yakni Kabupaten Tobasa (Toba Samosir), Kabupaten Samosir, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Dairi, Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Karo, dan Kabupaten Humbang Hasundutan.

Sejak baru dibukanya Bandara Silangit, maka Anda pun dapat dengan mudah untuk akses ke Danau Toba. Karena maskapai Sriwijaya Air dan Garuda Indonesia telah membuka rute baru langsung dari Jakarta ke Bandara Silangit yang terletak di Kecamatan Siborong-borong. Dari Bandara Silangit, Anda hanya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 1 jam untuk sampai ke Parapat dan Anda pun akan tiba di wisata alam Danau Toba.

Jika ingin menggunakan pesawat terbang sebagai alat transportasi ke Danau Toba, dari Bandara Silangit ke Parapat, Anda perlu menyewa mobil atau taksi dengan kisaran harga 350.000 yang dapat menampung empat hingga lima orang.

Tidak lengkap sepertinya jika Anda tidak berkunjung ke Pulau Samosir saat berkunjung di Danau Toba. Untuk menuju ke Pulau Samosir, Anda membutuhkan menyewa kapal feri. Perjalanan menyeberang membutuhkan waktu kurang lebih 30 sampai 50 menit. Ketahui juga jam berangkat kapal feri dari Parapat ke Pulau Samosir, agar tak ketinggalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here